NINA MULYANI

PROGRAM KERJA

Misi 1 : Pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, melalui Pelayanan Sosial Dasar dalam Bidang Kesehatan, dan Pendidikan;

Program Kerja Unggulan :

  • Pendampingan dan Fasilitasi penyediaan jaminan sosial kesehatan bagi warga desa;
  • Penyediaan dan optimalisasi sarana dan prasarana layanan kesehatan masayarat (Polindes dan posyandu);
  • Penyediaan kendaraan (Mobil) Pelayanan Sosial Dasar bagi masyarakat desa;
  • Pembangunan, penataan, dan pengembagan layanan air bersih bagi masyarakat desa;
  • Pencegahan dan konvergensi stunting tingkat desa berbasis masyarakat;
  • Penyelenggaraan Program Perlindungan Anak dan Perempuan Terpadu berbasis masyarakat (PATBM);
  • Pengembangan dan peningkatan kapasitas masyarakat melalui penyediaan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Program Paket B, Paket C, dan Kursus), serta program pelatihan lainnya;
  • Mendorong wajib belajar Pendidikan 12 Tahun;
  • Pemberian Beasiswa pada siswa yang berprestasi dan tidak mampu pada pendidikan formal dan informal melalui kolaborasi antar sektor pemerintah dan swasta;
  • Penyediaan Perpustakaan Desa berbasis digital;
  • Pengembangan dan peningkatan kapasitas pendidikan keagamaan dan anak usia dini, melalui program pendidikan dan pelatihan guru ngaji, guru PAUD, dan kader dakwah;
  • Pembangunan dan penataan sarana dan prasarana lembaga pendidikan Keagamaan dan Anak Usia Dini;
  • Pemberian Insentif bagi tenaga pendidikan Keagamaan dan Anak Usia Dini;
  • Pemberian Insentif bagi kader tenaga kesehatan masyarakat desa;
  • Pembangunan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif berbasis potensi dan kewilayahan;
  • Pelatihan Peternakan, dan Pertanian
  • Penataan Tanah Desa untuk peningkatan Ekonomi Kreatif masyarakat dan peningkatan Pendapatan Asli Desa.

Misi 2 : Percepatan dan Peningkatan Kualitas Pembangunan Sarana dan Prasarana Infrastruktur dasar berbasis kewilayahan;

Program Kerja Unggulan :

  • Optimalisasi Pembangunan Infrastruktur Fisik berbasis kewilayahan;
  • Penerapan Penghargaan dan Sanksi atas pengelolaan pembangunan berbasis kewilayahan;
  • Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Infrastruktur Skala Desa;
  • Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pemerintahan Desa;
  • Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Keagamaan dan Budaya;
  • Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Olah Raga;
  • Pembangunan dan Peningkatan Sarana dan Prasarana Pertanian;
  • Pembangunan dan Pengembangan Rencana Tata Ruang Wilayah Desa;

Misi 3 : Penanggulangan Kemiskinan melalui kolaborasi dan inovasi antar sektor.

Program Kerja Unggulan :

  • Pembentukan Kelompok Kerja dalam penanganan fakir miskin/lansia, dan disabilitas;
  • Penataan dan pengakurasian data warga miskin/lansia, disabilitas, dan masalah sosial lainnya;
  • Pembangunan dan rehabilitasi rumah tidak layak huni, bagi warga miskin/lansia tidak mampu;
  • Penyediaan bantuan sosial bagi warga miskin/lansia melalui kolaborasi program antar sektor pemerintahan;
  • Pendampingan, Fasilitasi, dan Advokasi bagi warga miskin/lansia, dan disabilitas.

Misi 4 : Pengembangan dan Peningkatan kinerja aparatur pemerintahan desa dan tata pemerintahan yang baik, serta Peningkatan Kualitas Pelayanan Masyarakat melalui Pengembangan Gerakan Efisiensi dan Reformasi dalam Tata Kelola Pemerintahan (GESIT), berbasis digital;  

Program Kerja Unggulan :  

  • Pendampingan, Fasilitasi, dan Optimalisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan, Pencatatan Sipil, Statistik dan Kearsipan, berbasis digital;
  • Pendampingan, Fasilitasi, dan Optimalisasi Pelayanan Administrasi Pertanahan;
  • Optimalisasi penyelenggaraan musyawarah desa;
  • Pengembangan dan Peningkatan Kualitas Perencanaan Pembangunan Desa melalui pendekatan kearifan lokal, partisipatif, dan Inklusif;
  • Optimalisasi Pembentukan dan Penataan Produk Hukum Desa;
  • Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan bagi Aparatur Pemerintah Desa berbasis kompetensi, dan berkarakter;
  • Optimalisasi Pendidikan dan Pelatihan bagi bagi anggota BPD berbasis kompetensi, dan berkarakter;
  • Peningkatan Kesejahteraan Aparatur Pemerintah Desa/ SILTAP dan Tunjangan;
  • Peningkatan, Pengadaan Penunjang Kegiatan Pelayanan Publik di Desa;
  • Peningkatan Kesejahteraan,  dan Pengadaan Penunjang Kegiatan BPD;
  • Peningkatan Kesejahteraan, dan Pengadaan Penunjang Kegiatan RT RW ;
  • Peningkatan Kesejahteraan, dan Pengadaan Penunjang Kegiatan LINMAS Desa;
  • Penyelenggaran Evaluasi Tingkat Perkembangan Pemerintahan Desa;
  • Pengeloaan Aset dan Kekayaan Desa;
  • Penataan, Pengelolaan Tanah Desa atau Tanah Hak Milik Desa (Carik);
  • Penetapan dan Penegasan Batas Desa;
  • Pengelolaan Pengembangan Sistem Administrasi Desa;
  • Pengembangan Tata Ruang dan Peta Sosial Desa;
  • Pengelolaan dan Pengembangan Pusat data dan informasi desa berbasis digital.

Misi 5 : Pengembangan dan peningkatan kapasitas kelembagaan dan masyarakat desa yang dinamis dan berbudaya, melalui Strategi Pemberdayaan;

Program kerja unggulan :

  • Optimalisasi Peran Serta Ulama/Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat dalam proses Penyelenggaraan Pemerintahan dan Pembangunan Desa;
  • Penyediaan, Pengelolaan, dan Optimalisasi Peran Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD);
  • Penguatan dan optimalisasi peran serta organisasi Kemasyarakatan Desa dan organisasi masyarakat lainnya, dalam pemerintahan dan pembangunan Desa;
  • Pembinaan sistem keamanan lingkungan dan penguatan LINMAS;
  • Pelatihan dan Pembinaan RT RW
  • Pendidikan dan pelatihan bagi pengurus dan anggota organisasi Kemasyarakatan Desa;
  • Optimalisasi Pemberdayaan dan Pembinaan Kelompok Pemuda dan Olah Raga;
  • Optimalisasi Pemberdayaan dan Pembinaan Kelompok Tani dan Peternak;
  • Optimalisasi Pemberdayaan dan Pembinaan Kelompok Perempuan dan anak;
  • Optimalisasi Pemberdayaan dan Pembinaan Kelompok Kebudayaan Desa;
  • Pencanangan Program Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan, masyarakat tanggap darurat;
  • Pendampingan, Fasilitasi, dan Advokasi bagi kelompok masyarakat rentan;
  • Pendampingan, Fasilitasi, dan Advokasi Hukum bagi masyarakat dan organisasi masyarakat;
  • Pengembangan dan Peningkatan Gerakan Kolaborasi Masyarakat dalam Berpartisipasi dan Bergotong Royong (GEMBIRA) dalam pemerintahan, pembangunan, dan sosial kemasyarakatan.